Pendidikan sejati adalah orientasi hati.
Kecerdasan tidak bisa menjadi jaminan keberhasilan didalam pendidikan(tarbiyah).Betapa banyak orang mengeluh karena kenakalan seseorang yang cerdas. Ilmu yang memadai tidak bisa menjadi jaminan bahwa seseorang telah benar-benar mendapatkan tarbiyah.
Kecerdasan tidak bisa menjadi jaminan keberhasilan didalam pendidikan(tarbiyah).Betapa banyak orang mengeluh karena kenakalan seseorang yang cerdas. Ilmu yang memadai tidak bisa menjadi jaminan bahwa seseorang telah benar-benar mendapatkan tarbiyah.
Sebagian kaum yahudi yang 100% percaya bahwa Nabi Muhammad adalah nabi
yang akan di utus di akhir zaman (karena berita itu telah termaktub
didalam kitab suci mereka). Akan tetapi disasat tiba waktu kehadiran
Nabi Muhammad SAW ditengah-tengah mereka tidak mudah bagi merka untuk
menerimnya. Itu bukan karena mereka tidak tahu kalau beliau itu adalah
Nabi yang merena nanti-nanti. Tetapi karena ada yang salah didalam
tarbiyah maka ilmunyapun tidak membantu mereka untuk menginsafi
keberadaan Nabi Muhammagd SAW sebagai Nabi. Kesalahan tarbiyah tersebut
menyebabkan kekosonga hatinya dari sifat insaf dan akhirnya datang
penggantinya sifat takabbur dan dengki kepada Nabi Muhamad SAW.
Medan tarbiyah adalah didalam hati, dan karena tempatnya adalah hati
sulit sekali untuk dideteksi penyakit-penyakitnya. Yang terlahir dari
tindak-tanduk itu hanya pancaran dari apa yang ada di dalam hati. Tidak
mudah bagi orang yang melihat pancaran itu untuk membedakan apakah itu
pancaran yang sesungguhnya atau palsu.
Dua orang yang memakai baju yang sama , bisa saja yang satu berniat
menutup aurat dan berdandan untuk bertemu dengan sahabat sementara yang
satu lagi hanya untuk menuruti hatinya yang penuh kesombongan atau
karena meniru model seorang terkenal dalam kemaksiatan.
Maka hakekat tarbiyah itu adalah membenarkan jalinan kita kepada Allah
dan sesama manusia menuju esensi jalinan yang tertuang didalam kalbu.
Pergeseran nilai secara perlahan sering terjadi didalam hati kita tanpa
kita rasa namun tiba-tiba hati kita telah berubah dan subur oleh
penyakit-penyakitnya. Seseorang yang merasa tawadhuk ternyata disaat itu
ia telah tersungkur kedalam jurang ketakaburan. Yang merasa dirinya
lebih baik dari orang lain adalah orang yang telah mengalami krisis
nilai tarbiyah yang drastis.
Oleh sebab itu para pakar tarbiyah yang sejati dalam terapi pengobatan
penyakit hati disamping menyuruh para siswanya untuk sering mendengar
wejangan-wejangan keruhanian tetapi mereka juga melatih siswanya
mujahadah dan riyadloh ( memerangi hawa nafsu). Bahkan tarbiyah dengan
terapi seperti ini lebih mereka dahulukan daripada ilmu itu sendiri.
Sebab ilmu yang tidak dibarengi dengan tarbiyah yang benar hanya akan
menjadikan hati penyandangnya semakin kotor.
Kesadaran seseorang akan kelemahan dirinya adalah kunci keberhasilan dalam tarbiyah. Bahkan tidak bayak artinya sejuta petuah bagi orang yang tidak merasa dirinya perlu kepada petuah. Intropeksi dengan selalu mewaspadai tercemarnya hati dari penyakit-penyakitnya adalah upaya menghadirkan sifat-sifat terpuji. Orang yang menginginka tarbiyah akan selalu membuka hatinya untuk menerima apa saja yang menjadikan dirinya baik. Ia akan selalu melihat kebutuhan dirinya kepada resep-resep untuk menghilangkan penyakit-penyakit hati. Kesadaran yang ada dalam dirinya akan kebutuhanya terhadap resep itu adalah kunci keberhasilan. Ia tidak sibuk mencocok-cocokkan resep itu untuk orang lain. Menjadikan dirinya obyek utama yang dituju pesan-pesan moral adalah kesiagaan didalam menerima tarbiyah. Wallahu a'lam bishshowab.
0 komentar:
Posting Komentar